Bagan metabolisme karbohidrat

Pada proses pencernaan makanan, karbohidrat mengalami proses hidrolisis, baik dalam mulut, lambung, maupun usus.

Metabolisme Karbohidrat

Mamalia dapat menghasilkan energi sebanyak 4 kcal dari 1 gram karbohidrat, sedangkan ikan hanya dapat menghasilkan sekitar 1,6 kcal dari 1 gram karbohidrat. Sedangkan jumlah energi yang dihasilkan protein setara dengan jumlah yang dihasilkan karbohidrat dalam berat yang sama.

Tentu saja tahap-tahap reaksinya tidak sama dengan metabolisme karbohidrat.

HUBUNGAN KATABOLISME KARBOHIDRAT, PROTEIN DAN LEMAK

Dalam proses repirasi, karbohidrat merupakan molekul pertama yang menjadi substrat respirasi, Jika karbohidrat habis maka baru lemak yang akan dioksidasi. Sedangkan asam amino seperti fenilalanin, tirosin, leusin, isoleusin dan lisin diubah menjadi asetil ko A untuk selanjutnya mengikuti jalur respirasi.

Siklus asam sitrat sebagai lintasan amfibolik dalam metabolisme perhatikan jalur persimpangan jalur katabolisme dan anabolisme dipetik dari: Jadi reaksi katabolisme bersifat eksergonik. Senyawa karbon yang tereduksi lebih banyak menyimpan energi dan apabila ada pembakaran sempurna akan membebaskan energi lebih banyak karena adanya pembebasan elektron yang lebih banyak.

Karbohidrat paling sederhana bisa berupa aldehid disebut polihidroksialdehid atau aldosa atau bagan metabolisme karbohidrat keton disebut polihidroksiketon atau ketosa. Senyawa karbon yang tereduksi lebih banyak menyimpan energi dan apabila ada pembakaran sempurna akan membebaskan energi lebih banyak karena adanya pembebasan elektron yang lebih banyak.

Klorofil terdapat dalam organel yang disebut kloroplas. Reaksi ini dikatalisir oleh enzim laktat dehidrogenase. Sedangkan katabolisme asam heksanoat dengan jumlah karbon yang sama dengan glukosa 6 karbon menghasilkan 44 ATP, sehingga jumlah energi yang dihasilkan pada lemak lebih besar dibandingkan dengan yang dihasilkan pada karbohidrat dan protein.

Adapun rumus umum dari karbohidrat adalah: Gliseraldehid 3-fosfat dapat berubah menjadi dihidroksi aseton fosfat dan sebaliknya reaksi interkonversi. Tahukah Anda bahwa Asetil Ko-A sebagai bahan baku dalam siklus Krebs untuk menghasilkan energi yang berasal dari katabolisme karbohidrat, protein, maupun lemak.

Pada bagan terlihat karbohidrat, protein, dan lemak bertemu pada jalur siklus Krebs dengan masukan asetil koenzim A. Reaksi ini disertai kehilangan energi bebas dalam jumlah besar sebagai panas dan secara fisiologis adalah irreversible.

Zat makanan lain, seperti lemak dan protein dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.METABOLISME Setelah mengetahui tentang apa itu enzim, sekarang kita akan membahas tentang apa itu metabolisme.

Metabolisme berasal dari kata metabole yang artinya berubah. Berubah di sini memiliki Katabolisme Karbohidrat. Struktur, Fungsi, Anabolisme, dan Katabolisme dari Karbohidrat A.

Katabolisme karbohidrat

Struktur Karbohidart merupakan sumber energoi uatam dan sumber serat Gliserol ini selanjutnya masuk ke dalam jalur metabolisme karbohidrat yaitu ancientmarinerslooe.com: Imam Abror.

Di dalam tubuh manusia terjadi metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Bagaimana keterkaitan ketiganya? Perhatikan Gambar di bawah ini! Pada bagan terlihat karbohidrat. · Gliserol ester adalah ester yang terbentuk melalui metabolisme karbohidrat yang mengandung tiga atom karbon, Di dalam tubuh manusia terjadi metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Pada bagan di samping terlihat. · Dengan dibuatnya makalah ini,penulis menyarankan bagi para pembaca untuk lebih memahami tentang proses metabolisme karbohidrat,lemak,dan protein.

Bab 2 Metabolisme (XII)

DAFTAR PUSTAKA. Hasil akhir metabolisme karbohidrat adalah glukosa, fruktosa, galaktosa, manosa dan monosakarida lain. Selanjutnya senyawa ini diadsorbsi melalui dinding usus dan dibawa ke hati oleh darah.

9 BAGAN GLIKOLISIS.

Bagan metabolisme karbohidrat
Rated 4/5 based on 84 review