Hubungan kenaikan berat badan ibu dengan bblr

DinKes Jabar, Barangkali hasil pengamatan yang lebih mudah dipahami adalah plasenta bayi-bayi yang mengalami keterlambatan pertumbuhan memiliki fili avaskular yang berlebihan dan rerata atau luas permukaan serta jumlah kapiler dipermukaan plasenta berkurang.

Evaluasi keseimbangan cairan a. Yunus propinsi Bengkulu pada tahun ditemukan jumlah ibu yang mengalami preeklampsia sebanyak 23 orang dan yang meninggal akibat preeklampsia 3 orang, sedangkan pada tahun ditemukan jumlah ibu yang mengalami preeklampsia sebanyak 37 orang dan yang meninggal sebanyak 4 orang jadi dari tahun ke tahun angka kejadian preeklampsia bertambah.

Tujuan umum Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di Wilayah kerja Puskesmas Gatak Kabupaten Sukoharjo. Kadar sebagian faktor pembekuan plasma dapat menurun c.

Yunus Propinsi Bengkulu Diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Rumah sakit umum daerah Dr. Hepar Pada preeklampsia kadangkala dijumpai pada hasil tes faal hepar dan keutuhan hepar yang mencakup kelambatan ekskresi bromosulfoftalen dan peningkatan kadar enzim aspartat aminotransferase dalam serum.

Mempunyai riwayat preklampsia dan eklampsia dalam keluarga. Bagi ibu sendiri, secara fisik alat-alat reproduksi belum kembali normal sehingga ada kemungkinan pada kehamilan tersebut ibu mengalami gangguan.

Pelebaran sigmental, mungkin mendorong lebih jauh timbulnya kerusakan vaskuler mengingat keutuhan endotel dapat terganggu oleh segmen pembuluh darah melebar dan terenggang.

Terdapat gejala dan keluhan subyektif Bidan yang mempunyai polindes dapat merawat penderita preeklampsia berat untuk sementara, sampai menunggu melakukan rujukan sehingga penderita mendapat pertolongan yang sebaik-baiknya.

HUBUNGAN ANTARA KENAIKAN BERAT BADAN IBU HAMIL ...

Usia Angka kejadian prematuritas tinggi pada usia ibu dibawah 20 tahun, pada multigravida yang jarak antara dua kehamilannya terlalu dekat, kejadian terendah ialah pada usia ibu antara tahun. Ginjal Dengan timbulnya hipertensi karena kehamilan, perfusi darah ginjal dan kecepatan filtrasi glomerolus menurun secara bervariasi, perubahan-perubahan tersebut tampaknya menyebabkan proteinuria dan mungkin sekali ada hubungannya dengan retensi garam dan air.

Faktor Janin Cacat bawaan, kehamilan ganda, hidromnion, ketuban pecah dini, infeksi dalam kandungan toksoplasmosis, rubella, sitomegalovirus, herpes Simpleks TORCH. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan ibu adalah gizi ibu Depkes RI, Respon presor yang meningkat Kepekaan pembuluh darah yang meningkat terhadap angiotensin II jelas mendahului awal terjadi hipertensi karena kehamilan.

Nulipara untuk belasan tahun. Kenaikan berat badan 1,5 kg atau lebih dalam seminggu d. Faktor Janin. Pada masa itu ibu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menyambut kelahiran bayinya. Hal ini memang berguna untuk kepentingan diagnostik, tetapi dapat merugikan penderita karena tiap tanda dapat merupakan bahaya kendatipun ditemukan sendiri.

Penambahan berat badan yang terjadi selama kehamilan disebabkan oleh peningkatan ukuran berbagai jaringan reproduksi, adanya pertumbuhan janin, dan terbentuknya cadangan lemak dalam tubuh ibu.untuk mengetahui hubungan kenaikan berat badan ibu dengan berat bayi lahirdengan menggunakan sampel ibu hamil yang akan melahirkan di RSUD Dr.

Moewardi ancientmarinerslooe.com yang diperoleh menunjukkan bahwa kenaikan rata-rata berat badan ibu sebesar10,04 kg, sedangkan bayi yang BBLR sebesar ,34 gram.

Dari hasil uji korelasi produt moment diperoleh nilai p= 0, maka tidak ada hubungan.

BBLR adalah neonatus dengan berat badan saat lahir. Bila seseorang ibu atau wanita dalam pertumbuhan (usia kurang dari 20 tahun) dan kehamilan ditambah lagi keadaan kurang saat hamil hal ini akan dapat memperburuk kondisi ibu dan janin yang dikandungnya, karena antara ibu dan janin terjadi perebutan makanan untuk pertumbuhannya masing-masing dan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan lahir rendah atau bayi-bayi bisa lahir.

c) Mengetahui hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat badan bayi lahir di Wilayah kerja Puskesmas Gatak Kabupaten Sukoharjo.

D. MANFAAT PENELITIAN 1. Teoritis Memberikan informasi guna menambah wawasan keilmuan dan menambah pengalaman dalam memberikan informasi guna pengembangan ilmu pengetahuan khususnya keperawatan agar dijadikan bahan masukan.

Kenaikan berat badan ibu hamil merupakan adanya adaptasi ibu terhadap pertumbuhan janin, sedangkan berat badan bayi baru lahir merupakan bagian dari hasil pertumbuhan janin yang dapat dipengaruhi oleh kenaikan berat badan ibu selama hamil, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat badan bayi baru lahir.

hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan kejadian bayi berat lahir rendah (bblr) di rsud dr.

moewardi surakarta.

Hubungan kenaikan berat badan ibu dengan bblr
Rated 3/5 based on 97 review